Perkara Sepele yang Menghilangkan Pahala Puasa Ramadhan

Perkara Sepele yang Menghilangkan Pahala Puasa Ramadhan

Perkara Kecil yang Sering Terlupakan berakibat Fatal Saat Puasa Ramadhan
Perkara Sepele yang Menghilangkan Pahala Puasa Ramadhan
Sahabat muslim. Tidak terasa sudah hari ke-3 ini kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun 2015 ini. Suka gembira ria telah kita rasakan dalam melaknasanakan rukum islam yang ke empat ini. 

Kenapa bersuka ria?

Tentu sahabat Rohmat Islam sudah mengetahui fadhilan dan manfaat bulan Ramadhan ini. Sehingga, tidak ada alasan bagi setiap muslim untuk mengutarakan "kesusahan" akan datangnya bulan Ramadhan nan berkah. 

Maka tak lain dan tak bukan, selain ucapan tahmid Alhamdulillah hirobbil 'alamin.

Sahabat. Jika kita bisa merenungkan begitu besarnya maghfiroh yang diturunkan oleh Alloh SWT di bulan Ramadhan ini, maka yang terjadi di muka bumi ini hanyalah kumpulan makhluk yang senantiasa menyembah Nya. Begitulah sekelumit ulasan ringkas dari bahasan fadhilah bulan Ramadhan kemarin.

Selanjutnya, tahukah kita perkara sepele yang sering kita lakukan (mungkin tanpa disengaja) namun berakibat fatal terhadap ibadah puasa yang kita lakukan?

Sebenarnya pertanyaan di atas tidak sekedar pada hal ibadah puasa ramadhan ini, namunbisa juga memberikan dampak fatal terhadap "reputasi" sebagai seorang insan di hadapan Alloh SWT. Perkara apakah itu?

Baca juga:  

Hal Kecil Berakibat Fatal Terhadap Puasa Ramadhan
Perkara sepele yang Ane maksud adalah segala sesuatu perbuatan yang dilakukan oleh seorang muslim tatkala sedang menjalankan puasa Ramadhan. Jika hal ini dilakukan oleh muslim tersebut, maka yang terjadi adalah hilangnya pahala ibadah puasa ramadhan yang dilakukannya.

Perkara sepele tersebut antaralain:

  1. Ghodzob (marah-marah)
  2. Menipu atau berbohong
  3. Ghibah (menggunjing, gosip)
  4. Laghwu (ucapan yang kurang bermanfa'at)
  5. Bertengkar (identik dengan marah-marah)
  6. Memberikan kesaksian palsu
  7. Berbicara keji atau kotor
  8. Melihat sesuatu yang bisa menimbulkan syahwat
  9. Adu domba
  10. Berbuat tercela
  11. Melakukan perkara makruh ketika puasa
Itulah perkara-perkara "sepele" yang sering kita lakukan. Bisa jadi, walaupun tidak dalam nuansa bulan Ramadhan, hal itu juga sering kita lakukan. Sehingga, kita perlu menjaga diri dari setiap tingkah seperti sebelas sifat di atas.

Jika perkara-perkara di atas di atas sering dilakukan pada saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini, maka bisa "dipastikan" kita akan termasuk golongan orang yang hanya akan mendapatkan lapar dan haus semata, namun tidak mendapatkan fadilan pahala puasa (na'udzubillah).

Oleh karena itu, Ane mengingatkan diri ini, untuk senantiasa menjaga setiap langkah, tingkah dan ucapan dari setiap perkara "mubadzir" di atas. Dan semoga Alloh SWT mengabulkan do'a kita ini, aamiin.


Jika sahabat Rohmat Islam sependapat, silakan mengamini do'a ane tadi njeh.
Semoga bermanfa'at, aamiin.

Salam (http://rohmatislam.blogspot.com).*